media pembelajaran menggunakan gambar diam


Pembelajaran menggunakan gambar adalah suatu model pembelajaran yang merupakan suatu inovasi yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar untuk memepercepat suatu pemahaman peserta didik terhadap apa yang disampaikan oleh guru. Cara pembelajaran ini dapat dikembangkan dengan cara membuat gambar yang ada di berbagai media dan lingkungan sekitar. Setiap akan pulang sekolah siswa di beri tugas untuk menggambar tentang materi yang akan di bahas hari esok. Untuk menggambarnya kita dapat menggunakan kertas A4 ataupun Hvs yang didapatkan dari guru.

Setelah siswa bertukar gambar, kita dapat menempelkan gambar tersebut di dinding kelas. Dari gambar itu kita dapat menjelaskan kepada siswa tentang pengertian gotong royong, manfaat dan penerapannya dalam kehidupan sehari- hari. Jadi dengan gambar tersebut diharapakan siswa mengetahui secara detail pemanfaatan gotong royong yang banyak diterapkan dalam kehidupan sehari- hari.Di mana pembelajaran ini dapat dilakukan? Pembelajaran menggunakan gambar dilakukan di sekolah dasar, pembelajaran ini dapat dilakukan di dalam kelas dengan memanfaatkan didinding kelas.

Untuk siapa pembelajaran menggunakan gambar tersebut? Untuk kelas rendah atau untuk kelas tinggi? Lalu kapan dapat menggunakan model pembelajaran tersebut?

Model pembelajaran tersebut dapat digunakan untuk kelas rendah ataupun kelas tinggi. Kita dapat menggunakan model pembelajaran ini pada berbagai mata pelajaran. Untuk pelajaran matematikapun kita bisa menggunakan model pembelajaran ini. Misalnya, ketika kita membahas bab pecahan. Pasti kita akan membutuhkan gambar agar peserta didik lebih mudah memahaminya.

Pembelajaran ini mengharapkan agar apa yang dipelajari, dapat dipahami oleh peserta didik dengan baik. Alasan mengapa saya membuat pembelajaran menggunakan gambara adalah agar peserta didik mamapu memahami mata pelajaran yang ia pelajari dengan mudah. Selain itu, dengan menggambar, diharapkan otak peserta didik antara otak belahan kanan dan otak belahan kirinya Dapat berjalan dengan seimbang. Nah jika otak belahan kanan dan otak belahan kiri peserta didik sudah berjalan dengan seimbang, maka dalam diri peserta didik tersebut akan muncul adanya kreatifitas yang baik.

Semisal pada gambar diatas menerangkan tentang bagian-bagian tumbuhan (pohon) dan kegunaannya.
Disekitar kita banyak terdapat pohon. Ada yang besar, ada juga yang kecil. Ada yang berbuah ada juga yang tidak berbuah. Seperti hewan, pohon juga mempunyai bagian-bagian yaitu daun, batang, dan akar.

1. AKAR

a. Akar pohon biasanya berada di dalam tanah.
b. Akar membuat pohon berdiri kuat.
c. Akar juga menyerap air dari dalam tanah.
d. Tanpa akar, pohon akan mati.


2. BATANG

a. Batang terletak diatas tanah
b. Ada batang yang bercabang dan ada yang tidak bercabang.
c. Batang juga ada yang beruas-ruas seperti pohon.
d. Batang juga ada yang berkayu seperti pohon jambu.
e. Batang untuk tempat tumbuh daun.
f. Batang juga untuk menyimpan makanan.
g. Batang tumbuhan ada yang bercabang sperti batng pohon jambu dan apel.
h. Ada juga yang tidak bercabang misalnya pisang dan kelapa.

3. DAUN

a. Daun pada batang, ranting, atau cabang.
b. Kebanyakan daun berwarna hijau.
c. Adanya juga daun yang berwarna merah, kuning, dan lainnya.
d. Daun bertugas memasak makanan, dan makanan tersebut dibagi kesemua bagian tubuh lainnya.

MEDIA GRAFIS

Tujuan Khusus
Setelah mempelajari sajian materi bagian ini anda diharapkan dapat:
1. Menyebutkan jenis-jenis media grafis.
2. Menyebutkan jenis-jenis media bagan.
3. Menyebutkan tujuan penggunaan bagan.
4. Menjelaskan pengertian dari grafik.
5. Menyebutkan tujuan penggunaan grafik.
6. Menyebutkan jenis-jenis grafik.
7. Menjelaskan perbedaan bagan dan grafik.
8. Menjelaskan cara pembuatan grafik.
9. Menerangkan pengertian diagram.
10. Menyebutkan tujuan penggunaan diagram.
11. Menjelaskan cara penggunaan diagram.
12. Menjelaskan tujuan penggunaan gambar.
13. Menjelaskan cara memilih dan membuat gambar sebagai media
pembelajaran.
14. Menerangkan fungsi poster sebagai media pembelajaran.
15. Menyebutkan kebaikan dari poster.
16. Menyebutkan kelemahan penggunaan poster.
17. Menyebutkan ciri-ciri poster yang baik.
18. Menjelaskan tujuan penggunaan kartun/karikatur.
19. Menyebutkan kelebihan kartun sebagai media pembelajaran.
20. Menyebutkan kelemahan kartun sebagai media pembelajaran.
21. Menyebutkan kakarteristik komik.
22. Menyebutkan keuntungan komik sebagai media pembelajaran.
23. Menyebutkan kelemahan komik sebagai media pembelajaran.
24. Menyebutkan pengertian peta.
25. Menyebutkan tujuan penggunaan peta.
26. Menyebutkan jenis-jenis peta ditinjau dari sudut isinya.
27. Menyebutkan jenis-jenis peta ditinjau dari segi bentuknya.
28. Menerangkan cara pembuatan peta dinding.

Media Grafis

Media grafis (graphic materials) ialah suatu penyajian secara visual yang menggu-nakan titik-titik, garis-garis, gambar-gambar atau simbol visual lain dengan maksud untuk mengiktisarkan, menggambarkan, merangkum suatu ide, data atau kejadian/ keadaan.

Yang termasuk golongan media grafis ini antara lain ialah bagan (chart), grafik (graph), diagram, poster, kartun/karikatur, komik, sketsa, peta datar, peta timbul dan globe. Kecuali peta timbul dan globe berikut ini disajikan satu persatu.
Bahkan Kita tahu bahwa para guru telah menyadari benar-benar betapa sulitnya peserta didik-peserta didik menerima pelajaran dengan kata-kata atau tulisan-tulisan saja. Penggunaan bagan atau chart adalah salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut.

Bagan adalah merupakan penyajian visual yang menggunakan titik-titik, garis-garis, gambar-gambar atau simbol visual lain dengan sedikit keterangan, agar peserta didik dapat lebih jelas menerima apa yang dimaksudkan oleh guru.

Tujuan penggunaan bagan

Berbagai maksud penggunaan bagan antara lain ialah:
a. Menerangkan suatu ide atau keadaan secara simbolis.
b. Merangkum suatu keterangan atau uraian secara sistematis.
c. Memperlihatkan hubungan yang satu dengan yang lain dalam posisi yang tepat.
d. Memperlihatkan pertumbuhan suatu struktur dengan memakai garis-garis, gambar-gambar atau lambang-lambang.

Jenis-jenis bagan

Dilihat dari bentuk dan fungsinya bagan dapat dibedakan menjadi:
a. Bagan waktu, yaitu bagan yang menunjukkan data atau keadaan dalam urutan waktu secara teratur.
b. Bagan aliran, yang melukiskan perkembangan, pertumbuhan mulai dari suatu sumber perubahan yang kemudian menjalar ke banyak cabang atau mulai dari banyak cabang kemudian memusat ke satu aliran tunggal.
c. Bagan struktur organisasi (organigram), yaitu bagan yang berfungsi untuk menjelaskan hubungan fungsional antar bagian dalam suatu organisasi yang terlihat dengan dengan digunakannya kotak-kotak empat persegi panjang, garis-garis dan anak panah.
d. Bagan petunjuk atau penuntun, yaitu bagan yang memberikan petunjuk atau penuntun mengenai pembuatan atau penggunan sesuatu dengan menggunakan tanda panah atau dengan memberikan nomor secara berurutan.
e. Bagan uraian, yaitu bagan yang menggambarkan bagian-bagian yang terurai atau terpisah-pisah dari sesuatu alat atau benda dengan urutan yang sesuai.
f. Bagan perbandingan atau perbedaan, bagan yang digunakan untuk menerangkan perbandingan atau perbedaan. Biasanya dengan membuat dua atau tiga susun gambar yang berbeda.
g. Bagan pohon, yaitu bagan yang menunjukkan hubungan kekerabatan (silsilah) atau hubungan asal muasal suatu yang sedang diterangkan dan bentuknya menyerupai pohon. Misalnya silsilah keluarga raja-raja, berbagai macam produk yang berasal dari minyak bumi.
h. Bagan skematik atau diagramatik, yaitu bagan yang menerangkan bekerjanya suatu alat atau menerangkan bagian-bagian penting dari padanya. Misalnya, bagan peredaran darah, bekerjanya suatu mesin dan sebagainya.
i. Bagan pandangan tembus, yaitu bagan yang digunakan untuk menerangkan keadaan bagian dalam suatu benda atau alat dengan tidak menghilangkan bentuk luarnya.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan bagan

a. Hendaknya ukuran lambang-lambang atau gambar-gambar dibuat dengan teliti dan tepat serta ajeg.
b. Lebih baik bila menggunakan warna-warna agar lebih menarik. Jangan menggunakan terlalu banyak warna. Cukup dua atau tiga warna saja. Perlu diingat bahwa setiap warna mempunyai maksud atau arti tertentu.
c. Bagan yang dibuat hendaknya mudah dibaca dan dipelajari. Gunakan lambang-lambang visual yang cukup dikenal.
d. Satu bagan hendaknya menyajikan suatu keterangan yang utuh, tetapi tetap ringkas dan sederhana.

Grafik

Untuk memberikan pengertian yang lebih jelas mengenai perkembangan sesuatu keadaan, perbandingan suatu data, banyaknya ekspor impor suatu negara dan berbagai penyajian data kuantitatif, guru dapat dibantu memperjelas keterangannya dengan menggunakan grafik. Grafik adalah suatu penyajian visual yang menggunakan titik-titik, garis-garis, gambar-gambar atau simbol visual lain untuk menggambarkan hampir semua data yang bersifat kuantitatif. Pembuatan grafik selalu berdasarkan prinsip-prinsip matematika dan statistika.

Tujuan penggunaan grafik

Beberapa maksud penggunaan grafik antara lain ialah:
a. Untuk menjelaskan data statistik secara visual.
b. Memperlihatkan hubungan-hubungan dan perbandingan-perbandingan secara visual dengan jelas.
c. Memperlihatkan pertumbuhan, perkembangan, perubahan secara kuantitatif visual.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan grafik
a. Gambar-ganbar atau simbol-simbol visual yang digunakan untuk grafik hendaknya sederhana dan bentuknya jelas.
b. Hubungan antar data yang digambarkan hendaknya cukup jelas.
c. Jika data tersebut bersifat perbandingan, hendaknya digambarkan secara tepat. Misalnya satu gambar manusia untuk melambangkan satu juta penduduk, maka untuk menggambarkan setengah juta penduduk digambar separuh gambar manusia tadi.
d. Jangan terlalu banyak menggunakan warna, dua atau tiga warna dalam grafik sudah cukup.
e. Pakailah lambang-lambang yang cukup dikenal.

Jenis Grafik

Dilihat dari bentuk penam[ilannya dikenal beberapa jenis grafik.

Grafik batang (bar graph)
Untuk menunjukkan perbandingan relatif dari suatu data kuantitatif sederhana dengan menggunakan gambaran bidang yang merupakan bentuk-bentuk geometris seperti segi empat, empat persegi panjang, segi tiga dan sebagainya.

Grafik balok
Apabila grafik batang digambarkan dengan dua dimensi, maka pada grafik balok gambaran bidang tadi ditambah dengan tebalnya atau menggambarkan isinya.
Grafik lingkaran
Menjelaskan keadaan data dengan lingkaran yang menunjukkan bilangan bulat (seratus prosen) dan setiap irisan merupakan suatu prosentase khusus. Grafik lingkaran merupakan alat yang tepat untuk menunjukkan hubungan fraksional.

Grafik bergambar
Grafik ini merupakan variasi dari grafik balok, yaitu dengan menambah hiasan gambar-gambar, sehingga akan menambah kejelasan bagi pembacanya.

Grafik garis
Grafik garis atau grafik kurva adalah grafik yang dapat memvisualisasikan tabel-tabel statistik yang tertulis, menun-jukkan perkembangan, perubahan dan perbandingan secara akurat.

Diagram
Diagram juga merupakan penyajian visual yang hampir menyerupai denah dari benda, alat atau keadaan suatu obyek. Suatu diagram dapat dibuat dengan menggunakan garis-garis saja atau gambaran geometris tertentu. Diagram tersebut sering disebut bagan skematis atau skema saja. Diagram dapat juga dibuat sedemikian rupa sehingga lebih menyerupai gambar dari obyek yang akan diterangkan.

Tujuan Penggunaan Diagram

Beberapa maksud penggunaan diagram antara lain:
a. Menjelaskan suatu struktur suatu alat, benda atau obyek secara global.
b. Menunjukkan bagian-bagian penting dari suatu yang diterangkan secara skematis.
c. Memudahkan peserta didik memahami struktur yang kompleks dari benda aslinya.
d. Untuk membantu dan melengkapi penyajian melalui alat-alat visual yang lain, seperti benda asli dan model.

Beberapa petunjuk dalam menggunakan diagram
a. Bila kita menggunakan diagram, sebaiknya kita tunjukkan dahulu benda aslinya atau modelnya, barulah menjelaskannya dengan menggunakan diagram.
b. Untuk dapat membaca diagram dengan baik, seseorang harus mempunyai latar belakang pengalaman tentang apa yang didiagramkan.
c. Pemakaian diagram akan lebih baik apabila dibantu dengan penampilan media lainnya, seperti film, model atau gambar dan sebagainya.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat diagram
a. Buatlah diagram secara benar, rapi, diberi titel, dan penjelasan-penjelasan yang perlu.
b. Buatlah dengan ukuran yang cukup besar, agar peserta didik dapat melihat dengan jelas.
c. Diagram yang baik akan menuntun anak untuk mudah mengenal benda atau obyek aslinya.

Sketsa

Sketsa dalah suatu gambar yang sederhana atau draft kasar yang melukiskan, bagian-bagian pokok tanpa detail. Karena setiap orang normal dapat diajar menggambar, demikian pula setiap guru yang baik harus dapat menuangkan idenya ke dalam bentuk sketsa.

Dasar-dasar pelajaran menggambar/melukis yang pernah diperoleh guru dapat diguna-kan sebagai bekal dasar untuk mengajar dengan menggunakan sketsa. Ada tiga hal yang perlu diperhatikan dalam membuat sketsa, yaitu:
1) bentuk, seperti coretan garis lurus, lengkung dan patah,
2) ukuran relatif, dapat memberikan perbandingan secara tepat dan guru harus ingat bagaimana cara menggambar perspektif, dan
3) guru harus mengenal secara baik obyek yang akan digambar.

Jika guru akan menggunakan diagram dalam mengajar, guru harus sudah menyiap-kannya sebelumnya, tetapi tidaklah demikian dengan sketsa. Sketsa dibuat saat guru mengajar dengan cara langsung membuatnya di papan tulis dan segera menghapusnya setelah selesai menerangkan pelajaran itu.

Sketsa selain dapat menarik dan memusatkan perhatian peserta didik, juga dapat menghin-darkan peserta didik dari gejala verbalisme, memperjelas penyempaian guru, juga merupakan media yang murah, mudah dan ekonomis, sebab media ini langsung dibuat oleh guru saat mengajar.

Gambar

Dalam sejarah pendidikan, tokoh pendidikan yang pertama-tama menggunakan media gambar di sekolah adalah Johan Amos Comenius, dengan bukunya yang terkenal yaitu “Orbis Pictus” (dunia dalam gambar-gambar). Yang dimaksud dengan gambar di sini ialah gambar-gambar baik hasil lukisan tangan yang telah dicetak atau direproduksi atau gambar hasil seni photografi, baik hasil pemotretan obyek yang nyata maupun kreasi khayalan belaka.

Dewasa ini gambar merupakan media yang mudah disadari pentingnya sebagai media pembelajaran, yaitu sebagai alat untuk memperjelas pengertian peserta didik-peserta didik. Bukankah ada ungkapan bahwa sebuah gambar dapat senilai dengan seribu kata-kata.

Tujuan penggunaan gambar
Beberapa maksud penggunaan gambar sebagai media pembelajaran antara lain:
a. Untuk menterjemahkan simbol verbal dan memperjelas pengertian peserta didik.
b. Memperkaya atau melengkapi suatu bacaan, misalnya gambar yang dipakai sebagai ilustrasi buku.
c. Untuk membangkitkan motivasi belajar di kelas dan menghidupkan suasana kelas.
d. Mengkongkritkan pelajaran dan memperbaiki kesan-kesan yang salah dari ilustrasi secara lisan.
e. Merangkum suatu unit bacaan, terutama pada buku pelajaran (texbook).

Beberapa kelebihan gambar sebagai media pembelajaran

a. Lebih kongkrit, karena lebih realistis penjelasan yang diberikan jika dibandingkan dengan penjelasan lisan.
b. Dapat mengatasi keterbatasan ruang dan waktu.
Tempat-tempat yang jauh, kejadian-kejadian masa lampau
dapat dijelaskan kepada peserta didik dengan bantuan
gambar dari obyek itu.
c. Dapat mengatasi keterbatasan pengamatan kita.
Misalnya gambar-gambar hasil pemotretan dengan
mikroskop, teleskop maupun hasil pemotretan dari sinar X.
d. Dapat menjelaskan masalah dari berbagai bidang untuk berbagai tingkat usia.
e. Harganya relatif lebih murah dan mudah diperoleh.
Memilih gambar yang baik
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih gambar untuk media pembelajaran antara lain ialah:
a. Gambar itu harus membantu guru dan peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
b. Gambar yang dipilih harus dapat memberikan persepsi yang benar.
c. Gambar itu hendaknya sanggup memberikan kesan yang benar tentang ukuran relatifnya.
d. Hendaknya dengan gambar itu sanggup menambah pengetahuan baru bagi peserta didik-peserta didik.
e. Gambar hendaknya sanggup merangsang imajinasi peserta didik-peserta didik.
f. Gambar yang dipilh hendaknya dapat menunjukkan detail yang tepat.
Membuat gambar sebagai media pembelajaran

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat gambar/foto sebagai media pembelajaran antara lain ialah:

a. Autentik
Autensik artinya gambar tersebut secara jujur melukis-kan situasi seperti kenyataan yang sebenarnya.

b. Sederhana
Sederhana artinya dapat menunjukkan point-point yang
pokok untuk disajikan.

c. Gerakan atau Perbuatan
Mengandung gerakan atau perbuatan.
Gambar yang baik hendaknya dapat menampilkan
aktivitas atau kegiatan dari suatu obyek.

d. Fotografi
Gambar yang bagus dari segi seni fotografi belum tentu bagus untuk media pem-belajaran. Oleh karena itu sebaiknya guru merancang sendiri gambar yang akan dipakai untuk pelajaran.

e. Segi Keindahan.
Belum tentu setiap gambar bagus merupakan media yang bagus untuk pelajaran, tetapi gambar yang bagus dari sudut seni yang dirancang sesuai dengan tujuan pembelajaran adalah media yang baik.

Poster

Dalam dunia pendidikan dewasa ini poster telah mendapat perhatian yang cukup besar sebagai media untuk menyampaikan informasi, seruan, saran (himbauan), peringatan dan ide-ide yang lain. Para dokter, ahli kesehatan masyarakat, apoteker, petugas pertanian, polisi lalulintas dan guru telah mulai memakai poster sebagai media untuk penyampaian pesan kepada masyarakat dan peserta didik-peserta didik.

Poster ialah suatu gambar yang isinya memberikan tekanan pada satu atau dua ide pokok, sehingga dapat dimengerti dengan melihatnya sepintas lalu. Poster biasanya ditempel atau dipasang di tempat yang strategis untuk dilihat banyak orang. Namun sekarang banyak juga poster yang dipajang dalam suatu surat kabar atau majalah, bahkan ditayangkan melalui media televisi.

Adapun secara umum ciri-ciri poster adalah sebagai berikut:
a. Berupa suatu lukisan atau gambar.
b. Menyampaikan suatu pesan atau ide tertentu.
c. Memberikan kesan yang kuat dan menarik perhatian.
d. Antara lukisan/gambar dan tulisan/caption merupakan satu kesatuan pesan.
Fungsi poster sebagai media pembelajaran
a. Sebagai bahan untuk mengembangkan ide/kreativitas.
b. Sebagai bahan pelajaran untuk suatu topik atau masalah tertentu.
c. Sebagai alat membangkitkan motivasi dan rasa estetis.
d. Sebagai petunjuk untuk dikerjakan peserta didik.
e. Sebagai alat pendidikan preventif.

Kebaikan poster sebagai media pembelajaran
Beberapa kelebihan poster sebagai media pembelajaran antara lain ialah:
a. Dapat membantu guru dalam menyampaikan pelajaran dan membantu peserta didik belajar.
b. Menarik perhatian, dengan demikian mendorong peserta didik untuk lebih giat belajar.
c. Dapat dipasang/ditempelkan di mana-mana, sehingga memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mempelajari dan mengingat kembali apa yang telah dipelajari.
d. Dapat menyarankan perubahan tingkah laku kepada peserta didik yang melihatnya.

Keterbatasan penggunaan poster
a. Sangat dipengaruhi oleh tingkat pengetahuan orang yang melihatnya.
b. Karena tidak adanya penjelasan yang terinci, maka dapat menimbulkan interpretasi yang bermacam-macam dan mungkin merugikan.
c. Suatu poster akan banyak mengandung arti/makna bagi kalangan tertentu, tetapi dapat juga tidak menarik bagi kalangan yang lainnya.
d. Bila poster terpasang atau terpancang terlalu lama di suatu tempat, maka akan berkurang nilainya, bahkan akan membosankan orang yang melihatnya.
Prinsip dasar pembuatan poster

Beberapa hal yang perlu diperhatikan apabila akan membuat poster antara lain:
a. Poster hendaknya dapat menangkap penglihatan dengan seksama orang-orang yang lewat.
b. Poster harus sanggup menarik dan memusatkan perhatian orang yang melihatnya.
c. Poster harus dapat mengemukakan ide dan maksud melalui fakta yang nampak.
d. Poster harus dapat merangsang oarng yang melihat untuk melaksanakan maksud poster.

Ciri-ciri poster yang baik
Suatu poster yang baik harus memenuhi sejumlah persyaratan sebagai berikut:
a. Poster harus dibuat berani, langsung, dinamis dan menimbulkan kejutan.
b. Teks/caption yang dicantumkan hendaknya ringkas, jelas dan bermakna.
c. Ilustrasi jangan terlalu banyak, tetapi menarik dan mudah dimengerti.
d. Antara ilustrasi dan tulisan harus ada keseimbangan dan kesatuan.
e. Sebagai lambang visual, kata-kata dan gambar harus membawa satu ide/pesan tertentu.
f. Poster handaknya dapat dibaca teknya dalam waktu yang singkat.
g. Jika digunakan warna-warna, maka warna gambar dan tulisan hendaknya kontras dengan warna dasar.
h. Jangan menggunakan terlalu banyak warna.
i. Poster yang baik harus sederhana, tetapi mempunyai daya tarik dan daya guna yang maksimal.
j. Perlu diingat bahwa poster adalah untuk dilihat, bukan untuk dibaca.

Kartun dan Karikatur

Dalam surat kabar-surat kabar atau majalah, seringkali kita jumpai lukisan tentang seseorang, suatu buah pikiran ataupun keadaan/peristiwa yang dilukiskan secara lucu, menyindir, mengejek. Lukisan seperti itu disebut Kartun. Kartun menyampaian pesan secara metaforis dan suatu metafora dapat merupakan sesuatu yang lebih kuat daripada kenyataan langsung.

Suatu kartun yang sempurna sebenarnya tidak memerlukan keterangan lagi, sebab simbolisme itu menyampaikan pesan khusus. Hal lain yang merupakan ciri kartun yaitu menunjuk ke arah stereotipe, misalnya gambar John Bull menunjukkan ciri orang Inggris, atau Uncle Sam sebagai khas orang Amerika, dan gambar beruang sebagai lambang yang berhubungan dengan Rusia, atau gambar singa bermahkota berhubungan dengan negara Inggris.

Seringkali dalam surat kabar atau mingguan disediakan kolom khusus yang berisi gambar sindiran seperti “Corat-coret dalam sepekan”, “Gambar dalam sepekan”, “Sketsa minggu” dan sebagainya. Gambar sindiran seperti itulah yang disebut karikatur.

Tujuan penggunaan karikatur/kartun
a. Sebagai bahan penggerak perhatian.
b. b.Untuk menyarankan perubahan tingkah laku atau sikap tertentu bagi pembacanya.
c. Sebagai ilustrasi dari suatu pokok masalah/pelajaran.
d. Sebagai alat mempertinggi motivasi dan keaktifan.

Kelebihan kartun/karikatur sebagai media pembelajaran
a. Penggunaan simbolisme yang singkat dan langsung mengena pada sasaran.
b. Mengemukakan suatu ide atau pesan, peristiwa secara estetis, menggembirakan, lucu, menyindir dan mengejek.
c. Mengemukkan ide atau pesan, peristiwa secara stereotipe mudah dikenal umum.
d. Tidak memerlukan banyak penjelasan atau kata-kata.