media pembelajaran menggunakan plastisin


Pengertian Benda Asli

Salah satu bentuk media pembelajaran yang termasuk dalam kategori tiga dimensi adalah benda-benda asli, atau wujud kenyataan kondisi yang sebenarnya. Dari segi efektivitas pengajaran, penggunaan benda sebenarnya sebagai media pembelajaran dapat memberikan urunan yang cukup berarti, terutama dari pemerolehan pengalaman yang bersifat langsung dan kongkrit. Karena segala peristiwa yang terungkap di dalam jalinan interaksi dengan media sebenarnya tersebut, cukuplah untuk mendapatkan peng-alaman langsung, lengkap dan kesan yang mendalam dari apa yang dipelajari, tepatlah apabila kita belajar melalui benda-benda atau keadaan yang sebenarnya. Ada yang menyebut media ini sebagai alat peraga langsung.



Pengertian yang termasuk dalam kategori media pembelajaran yang sebenarnya, baik benda yang hidup seperti manusia, tumbuhan, dan hewan, di samping benda mati dan benda tak hidup (anorganik). Ada dua cara yang ditempuh untuk belajar melalui benda sebenarnya, yaitu membawa kelas ke dunia luar atau membawa dunia ke dalam kelas. Untuk membawa kelas ke dunia luar caranya dapat melalui Widyawisata/Karyawisata, yaitu perjalanan ke luar kelas atau sekolah (wisata) untuk tujuan belajar (widya). Sedangkan untuk dapat membawa dunia (luar) ke dalam kelas adalah dengan cara menggunakan specimen atau barang contoh, yaitu benda-benda aseli baik dalam keadaan hidup dan utuh, maupun dalam keadaam mati ataupun sebagian dari benda aseli itu untuk diperagakan atau dipelajari di kelas atau di dalam ruang laboratorium khusus untuk pelajaran tertentu.


Media Benda Tak asli atau Tiruan

Media tiruan atau Model adalah merupakan tiruan dari benda yang berbentuk tiga dimensi yang dibuat sedemikian rupa sehingga serupa dalam bentuk dan tidak sama dalam hal-hal yang lainnya. Meskipun semua orang tahu, bahwa belajar melalui pengalaman lang-sung atau melalui benda sebenarnya mempunyai sejumlah keuntungan, perlu diketahui juga bahwa sejumlah besar keterbatasan akan teratasi dengan penggunaan model media pembelajaran seperti ini. Belajar seperti ini adalah pembelajaran yang bisa digunakan agar siswa bisa berimaginasi sesuai dengan kemampuannya dan akan menimbulkan rasa ingin mencoba untuk berkreasi.



MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PLASTISIN

Dalam media pembelajaran ini, menggunakan plastisin untuk membentuk barang tiruan agar mirip dengan aslinya. Saya disini akan membentuk macam-macam buah-buahan. Cara membuat macam-macam buah-buahan seperti barang aslinya sebagai berikut:



1.Siapkan plastisin (malam/plastisin) sesuai dengan keinginan, semisal buah strawbery (plastisin berwarna merah muda), buah pisang (plastisin berwarna kuning), buah anggur (plastisin berwarna unggu), buah jeruk (plastisin berwarna orange), dan buah lombok (plastisin berwarna merah). Siswa mencari warna-warna plstisin itu ditoko-toko mainan biasanya tersedia.

2.Setelah membeli, siswa diharapkan harus menggunakn imaginasinya untuk membuat rancangan tentang apa yang akan dibuatnya sesuai dengan bentuk aslinya.



3.Disini siswa diperbolehkan membawa peralatan untuk membentuk plastisin seperti penggaris, gunting, tutup bulpoin, dsb.

4.Setelah perlengkapan yang akan dipakai sudah lengkap, maka siswa disuruh berimaginasi membentuk macam-macam buah-buahan.

5.Setelah semuanya selesai dibentuk, siswa diharapkan agar mengerti bahwa media yang tadi dibuat itu digunakan untuk pembelajaran kreatifitas siswa membentuk barang tiruan seperti aslinya.